Contoh Tabel Laporan Stok Barang Gudang Masuk dan Keluar

5 min read

Contoh laporan stok barang gudang

Contoh laporan stok barang gudang ini sebenarnya mirip atau sama dengan contoh laporan yang telah kami bagikan di artikel sebelumnya. Anda bisa download file disini. Untuk file Excel kali ini, kita akan mengetahui tabel contoh pembukuan stok barang masuk dan keluar dimana stok akhir yang akan kita ketahui.

Anda bisa download contoh laporan stok barang harian ini dalam format Excel secara gratis dan tinggal edit serta input sesuai dengan barang di gudang Anda. Karena ini adalah laporan stok barang harian maka Anda harus input pembelian dan penjualan secara manual.

Contoh laporan stok barang gudang

Sebagai dealer atau bisnis yang memiliki barang yang dijual, salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat laporan persediaan barang. Dokumen ini akan membantu Anda menemukan stok, total aset, saldo pendapatan-pengeluaran, dll. yang masih tersedia untuk memenuhi harapan pelanggan. Berikut contoh laporan stok barang gudang yang bisa ditiru.

Tabel contoh pembukuan stok barang masuk dan keluar

Tabel contoh pembukuan stok barang ini termasuk tabel sederhana karena kita harus input secara manual. Input apa saja?

Yang pasti stok awal, yakni stok atau persediaan barang digudang sebelum adanya pembelian dan penjualan barang.

Kemudian input manual berupa pembelian barang dan penjualan barang dalam 1 hari. Disini tentunya kita masukkan data pembelian atau penjualan barang di hari tersebut. Dalam kolom keterangan bisa Anda tambahkan keterangan Pembelian atau penjualan.

Selain itu, kita harus membuat kolom Kode Barang dan Nama barang serta Harga barang dan memasukan data secara manual jika itu diperlukan.

Contoh laporan stok barang gudang ini terdiri dari 2 sheet saja. Sheet pertama adalah sheet Stok Akhir dan sheet kedua adalah Mutasi.

tabel contoh pembukuan stok barang masuk dan keluar
Tabel contoh pembukuan stok barang masuk dan keluar

Sheet Stok Akhir pada kolom Mutasi barang Masuk menggunakan rumus Excel SUMIF:

=SUMIF(Mutasi!$C$8:$C$26,'Stok Akhir'!B8,Mutasi!$F$8:$F$26)

Pada Kolom Mutasi barang Masuk menggunakan rumus:

=SUMIF(Mutasi!$C$8:$C$26,'Stok Akhir'!B8,Mutasi!$G$8:$G$26)

Sedangkan pada kolom Stok Akhir memakai rumus:

=D8+F8-G8

Pada sheet Mutasi, kita harus memasukan tanggal dan kode barang secara manual. Otomatis akan muncul nama barang saat Anda input kode barang.

contoh laporan stok barang gudang excel

Untuk Mutasi Pembelian dan Penjualan, Anda juga harus input secara manual.

Hasil akhirnya, pada sheet Stok Akhir kita ketahui mutasi barang masuk dan keluar secara otomatis dan kita ketahui stok akhir dari gudang atau toko milik Anda.

Anda bisa lebih jelas lagi ketika mengeditnya langsung dengan aplikasi Excel. Anda bisa download dan edit sesuai kebutuhan toko atau gudang Anda.

Link contoh laporan stok barang masuk dan keluar ada di bawah ini:

Download File

Password: panduanoffice.web.id12

Contoh Laporan Stok Barang Gudang

Manajemen gudang adalah bagian dari bisnis bagi perusahaan manufaktur maupun perdagangan. Manajemen ini juga berlaku dan perlu dilakukan untuk usaha kecil. Laporan inventaris secara berkala memudahkan untuk memantau perkembangan bisnis Anda. Inventory Report merupakan akuntansi dari aktivitas inventory.

Laporan tersebut mencakup semua barang masuk dan keluar, sisa persediaan, biaya produk, harga jual, dan lainnya. Inventory sendiri merupakan kegiatan yang menghitung secara fisik persediaan yang ada di gudang. Laporan Saham berfungsi sebagai bukti tertulis yang benar yang juga mempengaruhi laporan keuangan tahunan perusahaan.

Kegiatan inventarisasi sangat memakan waktu dan energi. Apalagi jika bisnis Anda besar dan memiliki banyak jenis persediaan. Perusahaan biasanya menggunakan sistem barcode untuk memfasilitasi perhitungan tingkat persediaan fisik. Selain menghemat jam dan tenaga, metode ini juga meminimalkan risiko kesalahan perhitungan dan pencatatan.

Tujuan Membuat Contoh Laporan Stok Barang Gudang Excel

Perusahaan tidak hanya mencatat persediaan fisik di gudang dengan menggunakan data fisik persediaan atau stock opname, tetapi juga membuat contoh laporan persediaan. Selain itu, tujuan dari laporan tersebut adalah untuk mengidentifikasi inkonsistensi dalam item persediaan. Anda perlu mengumpulkan beberapa tindakan lanjutan seperti audit internal dan penyesuaian jurnal.

Jika perlu, hitung ulang untuk mengetahui penyebab selisih nilai. Hal ini dilakukan hanya untuk mendapatkan data yang akurat sesuai dengan akuntansi di tempat dan inventaris fisik. Anda dapat download file excel stok barang gratis sebagai contoh laporan inventaris. Tujuannya untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja

Hal pertama yang harus disiapkan adalah anggota atau sebuah tim yang akan digunakan untuk mendapatkan hasil inventaris. Pastikan jumlah anggota tim sesuai dengan jumlah barang yang ada. Ingatlah untuk membaginya menjadi dua area yaitu menghitung dan mengaudit. Setiap departemen dipimpin oleh ketua yang mengkoordinir para anggotanya.

Dengan cara ini, perhitungan persediaan akan lebih cepat dan lancar. Persiapan kedua adalah penempatan barang di gudang. Anda dapat membuat kode dan mengklasifikasikan elemen berdasarkan kode atau menggunakan barcode agar lebih mudah. Persiapan ini sebaiknya dilakukan beberapa hari sebelum inventarisasi.

Alasannya adalah karena butuh waktu untuk menyiapkan produk. Anda dapat menjalankan inventaris dengan lebih mudah dan cepat dengan memasukkan kode serta mengkategorikan lokasi barang. Tahap akhir persiapan sebelum membuat formulir laporan persediaan adalah review. Hasil perhitungan departemen perhitungan diperiksa oleh tim audit.

Hal ini dilakukan untuk memeriksa jumlah dan status stok barang. Setelah semuanya diperiksa, diringkas dan di edit sebagai laporan inventaris untuk diserahkan kepada manajemen. Anda dapat mempercepat proses kerja dan mendapat hasil yang maksimal jika ditambah dengan download file excel stok barang gratis

judul gambar

Contoh Laporan Stok Barang Excel dan Cara Membuatnya

  1. Menentukan Format

Langkah pertama dalam membuat laporan menggunakan excel atau spreadsheet adalah membuat format. Mulailah dengan menjelaskan nama perusahaan, judul atau nama laporan yang Anda buat, dan periode laporan. Juga tentukan jumlah kolom yang akan digunakan. Sesuaikan dengan tujuan dari pembuatan laporan

  1. Menambahkan Judul Kolom

Pada langkah berikutnya, Anda dapat memberi judul pada setiap kolom setelah memformat formulir laporan. Tujuannya adalah untuk mengkategorikan jenis informasi yang Anda masukkan dalam kolom. Judul kolom biasanya berupa angka, kode barang, harga barang, jumlah, dan sebagainya. Kolom disesuaikan menurut jenis informasi yang dikirim, tergantung pada tujuan laporan.

Baca Dulu: Aplikasi Inventaris Barang Kantor Excel Gratis

  1. Mengisi Data

Langkah selanjutnya adalah waktunya entri data. Anda dapat mulai memasukkan data ke dalam tabel sederhana yang dibuat sebagai informasi seperti laporan persediaan. Data dimasukkan secara manual karena memerlukan tahap akurasi dan validasi untuk menghindari kesalahan pemasukan data. Download file excel stok barang gratis sebagai bahan contoh

Langkah tersebut dapat anda coba untuk mendapatkan catatan inventaris yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan memahami sistem pembuatan, anda dapat bekerja secara efisien dan menghemat waktu dan juga tenaga. Selain itu juga dapat memudahkan proses pengecekan stok barang produksi yang lebih terstruktur.

Fungsi dari Tabel Contoh Pembukuan Stok Barang Masuk dan Keluar

Untuk mengelola aktivitas pengeluaran barang, anda perlu membuat daftar laporan pengeluaran barang untuk mempermudah proses pengelolaan dan pemantauan status persediaan barang di perusahaan. Banyak perusahaan mengabaikan pengendalian dan pelaporan persediaan untuk mengurangi resiko kerugian jika kehabisan stok pada saat penjualan.

Oleh karena itu, perusahaan harus menghasilkan laporan inventaris yang tepat dan benar. Jika tidak berhasil, Anda dapat membuat tanda terima barang dan mengeluarkan pemberitahuan terlebih dahulu. Anda dapat membuat tabel data inventaris menggunakan microsoft excel dengan langkah-langkah yang sangat mudah

Persiapan Sebelum Membuat Contoh Buku Stok Barang Harian Manual

  1. Persiapkan Data

Tetapkan seseorang yang secara khusus bertanggung jawab untuk menyimpan catatan. Orang tersebut harus sespesifik mungkin dan memahami cara pembukuan data. Dari sini Anda dapat menemukan data transaksi untuk periode sebelumnya dan akhirnya menentukan sasaran dan prakiraan pemasaran untuk periode saat ini.

  1. Buat Forecast

Persiapan selanjutnya yaitu membuat forecast yang digunakan untuk mencatat jumlah banyaknya persediaan yang dimiliki oleh perusahaan dalam periode tertentu. Periode ini dapat disusun berdasarkan jangka harian maupun bulanan. Jumlah persediaan perlu dipisahkan per item sesuai dengan kategori barang yang dipasarkan

Baca Juga:

  1. Lakukan Pengecekan Barang Sebelum Disimpan

Sebelum memasukkan barang dalam rak, anda perlu mengecek barang sebelum disimpan pada rak yang sudah disediakan. Dengan melakukan tahap ini, anda akan mengetahui kondisi barang dalam keadaan baik atau terdapat kerusakan atau kecacatan. Langkah ini memerlukan ketelitian yang tinggi agar tidak terjadi kesalahan

  1. Beri Kode Barang

Untuk mempermudah pembukuan, anda perlu memberikan kode atau barcode pada setiap item jenis barang. Kode tersebut bisa menggunakan kombinasi huruf yang tidak terlalu rumit. Setelah itu kumpulkan barang berdasarkan kode yang telah dibuat. Sehingga ketika pelanggan mencari barang, anda dapat dengan mudah menemukan keinginan pelanggan

  1. Pisahkan Stok Lama dan Baru

Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam menghitung jumlah produk lama yang terjual dan tidak terjual. Anda juga dapat mengklasifikasikan item lama dan baru. Ada dua cara untuk membuat laporan penerimaan barang dan laporan pengeluaran barang menggunakan Excel atau software yang pastinya memiliki prosedur berbeda

Baca Juga:

Cara Membuat Contoh Laporan Stok Barang Harian

Membuat laporan inventaris harian sebenarnya tidak terlalu sulit. Rumus Excel yang digunakan juga sangat sederhana. Prosedurnya yang pertama adalah buka Microsoft Excel. Buat sheet bernama “Item Data”. Selanjutnya membuat header sesuai dengan tanggal dan peraturan perusahaan. Kemudian buat tabel dengan judul kolom yang berisi beberapa format

Judul kolom tersebut diantaranya kode, nama barang, stok awal, jumlah barang masuk dan keluar, dan stok akhir. Masukkan data barang pada bagian kolom kode dan nama barang. Isi tabel kolom stok awal sesuai dengan jumlah item di awal hari atau sebelum cek. Data persediaan pertama ini ada di laporan persediaan terakhir hari sebelumnya.

Setelah menuliskan data di atas, Anda perlu membuat lembar atau sheet baru di halaman Excel sehingga dapat dengan mudah mencatat barang masuk dan keluar. Lembar baru ini harus menunjukkan jumlah barang masuk dan keluar yang terintegrasi dalam lembar Data Produk. Buat lembar baru bernama Item yang masuk atau diterima.

Buat tabel dengan judul kolom dalam format tanggal, kode, nama item, dan jumlah. Selanjutnya buat kembali sheet baru dengan nama barang keluar Buat tabel dengan judul kolom dalam format yang sama dengan sheet barang masuk yaitu tanggal, kode, nama item, dan jumlah. Jika sudah, buka kembali sheet barang yang diterima.

Ketahui: 

Di kolom nama barang masukkan rumus Excel Vlookup. rumus ini digunakan untuk memudahkan melihat nama item setelah anda memasukkan kode item. Lakukan hal yang sama untuk sheet barang Keluar. Setelah memperoleh data jumlah kedatangan dan jumlah pengiriman setiap lembar, setelah itu untuk mengintegrasikan data ke dalam sheet barang data, Anda perlu menggunakan rumus khusus.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *