Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Berapa Ukuran Kertas Binder A5 Dalam Cm?

2 min read

Ukuran Kertas A5 dalam cm

Panduanoffice.web.id — Dari sekian banyak jenis ukuran kertas, salah satunya yang paling sering digunakan ialah kertas A5. Dibandingkan dengan jenis kertas lain, ukuran kertas A5 dalam cm lebih cocok digunakan di dalam lingkup perkantoran seperti pembuatan jurnal, buku, binder, selebaran, dan sejenisnya.

Dalam dunia desain grafis dan editing, tentu sangat penting untuk mengetahui ukuran kertas A3 A4 A5 dalam cm. Hal ini dikarenakan nantinya hasil cetakannya akan disesuaikan dengan skala ukuran yang dibutuhkan.

Ukuran Kertas A5 dalam cm

Kebanyakan software digital umumnya hanya memberikan informasi seputar jenis-jenis ukuran kertas dalam keterangan mm atau pixel. Misalnya pada aplikasi grafis seperti Corel Draw atau aplikasi Office seperti halnya Microsoft Word yang mana perhitungan ukuran kertas diterapkan dalam hitungan pixel (PPI / DPI).

Maka dari itu, dikesempatan kali ini kami ingin berbagi beberapa informasi untuk menjawab pertanyaan kalian seputar berapa ukuran kertas A5 dalam cm beserta fungsi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahuinya, simak terus informasinya di bawah ini.

Ukuran Kertas A5 dalam CM, MM, Inch dan DPI

Ukuran kertas tipe A awalnya digunakan di Eropa pada pertengahan abad ke-20 sebagai standar ukuran resmi. Namun lambat laun banyak negara yang mulai mengikutinya sehingga penggunaannya menyebar ke seluruh dunia.

Saat ini ukuran kertas seri A seperti halnya A3, A4, dan A5 telah diakui dan dijadikan sebagai ukuran kertas standar internasional (Internasional Organization for Standardization) dengan kode ISO 216.

Perhitungan ukuran kertas A5 biasanya didasarkan pada jenis aplikasi penggunaannya. Namun, secara umum dibagi ke dalam beberapa ukuran berikut:

a)      Ukuran Kertas A5 dalam CM

Ukuran kertas HVS A5 dalam cm lebih sering dipakai dalam pengukuran barang fisik seperti buku, binder, kertas HVS, dan sebagainya. Panjang dan lebar kertas A5 dalam cm yakni senilai 14.8 cm x 21.0 cm.

b)      Ukuran Kertas A5 dalam MM

Kertas A5 juga sering diukur dalam nilai mm, terutama untuk keperluan pengukuran yang lebih akurat seperti yang dilakukan dalam industri pencetakan kertas. Panjang dan lebar ukuran kertas A5 dalam satuan mm ialah 148 mm x 210 mm.

c)      Ukuran Kertas A5 dalam Inch

Satuan inch biasa dipakai sebagai standar internasional dalam hal pengukuran size kertas seperti halnya pada kertas A5. Panjang dan lebar ukuran kertas A5 dalam satuan inch ialah senilai 5.83 inch x 8.27 inch.

d)      Ukuran Kertas A5 dalam Pixel

Selain dalam ukuran fisik dimensional (panjang lebar), ukuran kertas A5 juga  tersedia dalam satuan pixel. Perhitungan ukuran kertas A5 dalam cm didasarkan pada DPI (Dots Per In) atau PPI (Pixel Per Inch) yang biasa digunakan dalam dunia grafik komputer atau sebagai standar ukuran kertas A5 dalam Microsoft Word. Berikut rinciannya:

judul gambar
  • Ukuran A5 72 DPI = 420 x 595 pixel
  • Ukuran A5 96 DPI = 559 x 795 pixel
  • Ukuran A5 150 DPI = 874 x 1240 pixel
  • Ukuran A5 200 DPI = 1167 x 1653 pixel
  • Ukuran A5 300 DPI = 1748 x 2480 pixel
  • Ukuran A5 400 DPI = 2335 x 3305 pixel
  • Ukuran A5 600 DPI = 4958 x 3502 pixel
  • Ukuran A5 1200 DPI = 7004 x 9961 pixel

Baca Dulu:

Pemanfaatan Ukuran Kertas A5 dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, kertas ukuran A5 banyak sekali penggunannya. Diantaranya digunakan sebagai brosur, selebaran, kertas tulis, HVS, kartu undangan, flyer, menu restoran dan juga beberapa benda lain seperti berikut ini:

1)      Buku Tulis

Sebagian besar buku tulis yang terdapat di pasaran memiliki ukuran kertas A4. Walau begitu, sejatinya ukuran A4 tersebut dibagi lagi menjadi dua lipatan sehingga pada akhirnya menjadi berukuran A5.

Selain buku tulis, beragam buku lain juga banyak sekali yang dibuat dalam ukuran A5 seperti halnya buku novel, buku bacaan, maupun buku cerpen. Hal ini dikarenakan A5 merupakan ukuran yang paling proporsional untuk dibawa, dipegang, dan dibaca karena tidak kebesaran dan tidak kekecilan.

2)      Kertas Binder

Binder tidak seperti halnya buku tulis berukuran A4 yang dilipat dua sehingga menjadi ukuran A5, namun benar-benar kertas berukuran A5 yang dicetak secara satuan.

Ukuran kertas binder A5 memang tipe yang paling umum tersedia dipasaran walaupun saat ini banyak juga binder dengan ukuran yang lebih besar maupun lebih kecil.

3)      Kalender Meja

Jika kalender dinding dibuat dengan kertas berukuran jumbo seperti ukuran A2, kalender meja justru dibuat dalam versi mini dan simpel yang kebanyakan dibuat dari kertas berukuran A5.

Dengan ukuran A5 ini, maka akan lebih mudah untuk dipajang di meja dan akan lebih nyaman dipandang mata karena tidak memenuhi meja.

Baca Juga:

Itulah beragam jenis ukuran kertas A5 dalam cm serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

judul gambar
Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text