Fungsi Vlookup & Hlookup Digunakan Untuk Membaca Apa?

<strong>Soal Excel dan Jawabannya #35</strong>

Fungsi Vlookup dan Hlookup digunakan untuk membaca suatu …

 

Jawaban:

Membaca sekumpulan data pada tabel Excel yang tersusun secara vertikal (dengan fungsi Vlookup) dan secara horisontal (dengan fungsi Hlookup).

 

Penjelasan Fungsi Vlookup & Hlookup

fungsi vlookup dan hlookup digunakan untuk membaca suatu

Fungsi formula LOOKUP dalam Microsoft Excel adalah salah satu fungsi pencarian dan referensi pada Excel. Rumus formula Hlookup dan Vlookup ini bisa digunakan untuk mencari dan membaca suatu data dalam suatu baris atau kolom pada Excel, serta menemukan nilai dari posisi yang sama pada baris atau  atau kolom selanjutnya. Oleh sebab itu, untuk menjalankan fungsinya tersebut, dikenallah fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP.

Kedua fungsi LOOKUP tersebut pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama, yaitu untuk membaca suatu tabel dalam Excel. Yang membedakan fungsi keduanya hanyalah bentuk tabel yang dapat mereka olah. Agar lebih jelasnya, berikut adalah ulasan mengenai fungsi Excel VLOOKUP maupun HLOOKUP.

Jawaban dari soal Excel: Dalam Menuliskan Rumus Pada Excel Harus Didahului Dengan

Mengenal Fungsi LOOKUP

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fungsi formula LOOKUP, baik VLOOKUP maupun HLOOKUP adalah fungsi dalam Excel untuk membaca sekumpulan data dalam suatu tabel Excel, setelah itu mengambil nilai yang diinginkan dari tabel referensi tersebut. Adapun pembacaan yang dilakukan oleh fungsi ini berdasarkan pada kata kunci tertentu. Kunci tersebut dapat berupa sel referensi, misalnya Cell A2, ataupun dalam bentuk nilai, seperti kode, nomor urut, nama, dan sebagainya.

Perbedaan VLOOKUP dan HLOOKUP terletak pada bentuk susunan tabel referensi yang akan dibaca. Jika tabel sumber data tersebut tersusun secara vertikal, maka fungsi yang digunakan adalah VLOOKUP. Begitupun sebaliknya, jika tabel referensinya tersusun secara horizontal, maka fungsi yang digunakan adalah HLOOKUP. Dalam Excel, bentuk susunan masing-masing tabel ini bisa dikatakan sebagai kolom dan baris. Dimana tabel yang tersusun vertikal adalah kolom, sedangkan secara horizontal disebut baris. Jadi secara sederhana, fungsi LOOKUP ini berguna untuk mencari dan membaca suatu data pada baris atau kolom dalam Excel.

Pelajari: Rumus Excel Vlookup Kombinasi

Rumus Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel

Karena merupakan suatu bentuk fungsi atau formula dalam Excel, maka dalam pengaplikasiannya, masing-masing fungsi ini memiliki rumus-rumus tertentu. Adapun rumus dari kedua fungsi ini beserta penjelasan unsur pembentuknya masing-masing, yaitu:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

 

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)

 

Keterangan:

  • lookup_value. Merupakan suatu nilai atau suatu sel referensi yang menjadi kunci dalam pembacaan
  • table_array. Merupakan suatu tabel atau range dalam suatu Sheet yang berisi data yang ingin dicari atau dibaca. Pada bagian ini, umumnya akan berbentuk seperti “A1:C4” yang merupakan rentang atau range dalam suatu tabel Excel yang datanya akan dibaca.
  • col_index_num. Bagian ini menjelaskan nomor kolom yang nilainya akan diambil untuk fungsi VLOOKUP.
  • row_index_num. Merupakan nomor baris yang akan diambil nilainya dalam fungsi HLOOKUP.
  • range_lookup. Merupakan suatu nilai logika TRUE atau FALSE yang merupakan salah satu formula atau fungsi logika yang juga ada dalam Excel. Bagian ini akan berfungsi untuk menjalankan perintah jika Anda ingin fungsi VLOOKUP ataupun HLOOKUP mengembalikan nilai secara kira-kira (TRUE) maupun secara tepat (FALSE).

Nah itulah jawaban soal Excel dari pertanyaan:

Fungsi Vlookup dan Hlookup digunakan untuk membaca suatu …

Pelajari juga soal Excel lainnya:

Semoga membantu kalian ya yang sedang mengerjakan soal-soal TIK. Jangan lupa untuk share dan like artikel ini ya agar temen kalian yang sedang belajar Excel juga tahu.

Leave a Reply