Perbedaan Penggunaan Fungsi Logika Tunggal & Fungsi Logika Majemuk

<strong>Soal Excel dan Jawabannya #17</strong>

Jelaskan perbedaan penggunaan fungsi logika tunggal dan fungsi logika majemuk!

 

Jawab:

Perbedaan Fungsi logika tunggal dan majemuk adalah logika tunggal hanya terdapat satu IF (satu syarat) dengan 2 kondisi (2 kemungkinan jawaban) yakni value data TRUE dan value data FALSE. Sedangkan fungsi logika majemuk adalah fungsi logika yang memiliki lebih dari satu IF (lebih dari satu syarat) dengan beberapa kondisi (beberapa kemungkinan) tergantung dari kebutuhan yang ditetapkan.

Pembahasan penggunaan fungsi logika tunggal dan majemuk

Perbedaan Penggunaan Fungsi Logika Tunggal & Fungsi Logika Majemuk

Fungsi logika biasa disebut fungsi IF dalam Excel adalah rumus logika yang dipakai dalam mengecek suatu kondisi data. Apabila kondisi data terpenuhi maka menghasilkan nilai TRUE. Bila kondisi data tidak terpenuhi maka akan menghasilkan nilai FALSE.

TRUE artinya benar, yakni kondisi terpenuhi dan uji logika menghasilkan suatu kemungkinan yang benar.

FALSE artinya salah, yakni suatu kondisi tidak terpenuhi dimana uji logikanya salah.

Dalam melakukan uji coba logika, fungsi IF memakai operator =, >, >=, <, <= dan lain-lain.

 

A. Fungsi logika tunggal

Fungsi logika tunggal atau fungsi IF tunggal adalah rumus IF yang hanya memiliki 1 tingkat atau satu IF saja sehingga tergolong rumus logika yang sederhana.

Contoh penggunaan rumus IF tunggal sudah kami bahas sebelumnya. Tepatnya di artikel Rumus Excel Keterangan Lunas. Kalian bisa membacanya disana terkait contoh dan cara menggunakan fungsi logika tunggal.

Contoh lain penerapan fungsi IF tunggal bisa dilihat di artikel Rumus Keterangan Excel Lulus dan Tidak Lulus.

Baca Juga: Rumus IF  untuk Rentang nilai

B. Fungsi logika majemuk

Fungsi logika majemuk bisa juga disebut fungsi IF bertingkat, rumus IF majemuk, rumus IF bercabang, rumus IF ganda. Rumus IF majemuk ini bisa dipakai sampai dengan 64 tingkatan.

Rumus IF bertingkat ini juga telah kita bahas sebelumnya. Ada penjelasan serta contoh yang lebih rinci dimana kamu dapat mempelajari rumus logika majemuk ini di artikel:

  1. Rumus IF Bertingkat Dengan VLOOKUP
  2. Rumus IF Bertingkat 5 Kondisi
  3. Rumus IF dengan Banyak Kriteria

Kesimpulan:

Perbedaan penggunaan fungsi logika tunggal dan fungsi logika majemuk adalah pada fungsi IF. Jika Fungsi logika tunggal menggunakan satu fungsi IF satu syarat sedangkan fungsi logika majemuk menggunakan lebih dari satu F atau lebih dari satu syarat dengan beberapa kondisi sesuai ketentuan yang dibuat sendiri.

Leave a Reply