Apa Yang dimaksud Dengan Fungsi String Dalam Microsoft Excel?

Apa yang dimaksud fungsi string dalam Excel

Apa yang dimaksud fungsi string dalam Excel?

Fungsi string pada Excel adalah rumus atau formula yang dipakai dalam mengambil suatu karakter sejumlah n di posisi tertentu.

Apa yang dimaksud fungsi string dalam Excel
Gambar: Apa yang dimaksud string pada Excel

Fungsi string terbagi menjadi 3 yakni:

  1. Fungsi LEFT
  2. Fungsi RIGHT
  3. Fungsi MID

Sebelum membaca lebih jauh tentang fungsi LEFT, RIGHT dan MID ini, sebenarnya kami telah mengulasnya pada artikel sebelumnya. Kamu bisa juga membacanya di artikel:

Untuk artikel kali, lebih lengkap kok pembahasannya, jadi lanjutkan bacanya ya …

 

A. Fungsi Left

Fungsi Left adalah formula Excel yang dipakai guna mengambil karakter dari sebelah kiri.

Format penulisan Left ini yaitu:

=LEFT(Cell,x)

 

Symbol x disi angka dimana menyatakan jumlah karakter yang kalian ambil dari sebelah kiri.

 

Contoh:

Pada kolom B2 ada teks “Demokrasi”. Lalu kita akan mengambil 4 karakter dari sebelah kiri menggunakan perintah Left.

Maka pada kolom B4 masukan string Left yaitu:

=LEFT(B2,4)

 

Lalu tekan Enter.

Hasilnya adalah kata “Demo”

Fungsi Left

Baca Juga: Fungsi Menu Bar Pada Microsoft Excel

B. Fungsi Right

Fungsi Right adalah string yang berperan dalam mengambil jumlah karakter ataupun digit dari sebelah kanan.

Penulisan string ini:

=RIGHT(Cell,x)

 

Contoh:

Kata “Pancasila”, akan diambil 4 karakkter dari sebelah kanan.

Pada kolom C4, masukan rumus:

=RIGHT(C2,4)

 

Maka hasilnya adalah kata “sila”.

Fungsi Right

 

C. Fungsi Mid

String Mid berperan dalam mengambil sejumlah digit ataupun karakter dari bagian tengah sejumlah karakter tertentu.

Penulisanya yaitu:

=MID(Cell,x,y)

 

X, disi dengan angka untuk posisi awal karakter yang mau diambil.

y, adalah jumlah karater yang mau diambil.

 

Contoh:

Kata “Indonesia” pada kolom E2.

Lalu pada kolom E4 kita masukan:

=MID(E2,4,3)

 

Lalu Enter

Hasilnya adalah kata “one”

Fungsi Mid

 

C. UPPER

Upper ini adalah string dalam Microsoft Excel yang berperan mengubah huruf kecil jadi besar atau kapital semuanya.

Penulisan pada kolom yaitu:

=UPPER(cell)

 

Misalnya, Kata “panduan rumus excel” pada cell B2. Lalu pada cell B4 kita masukan formula perintah =UPPER(B2), lalu tekan Enter.

Hasilnya yaitu kata dengan huruf besar semua, “PANDUAN RUMUS EXCEL”.

Fungsi UPPER

 

D. LOWER

Kebalikan dari UPPER, LOWER adalah untuk mengubah semua huruf dalam cell menjadi huruf kecil semua. Pada kolom hasil kalian tinggal ketik:

=LOWER(Cell)

 

Contoh:

Pada cell B2 terdapat frasa “FUNGSI STRING EXCEL”.

Lalu pada cell B4 kamu masukkan formula =LOWER(B4)

Hasilnya adalah semua huruf pada cell B2 akan menjadi huruf kecil semua.

Fungsi LOWER

 

E. CONCATENATE

String Excel CONCATENATE berperan dalam menggabungkan beberapa data pada cell Excel.

Formula penulisannya yaitu:

=CONCATENATE(text1,text2,…)

 

Misalnya, pada cell A2 teks “Panduan”. Cell B2 teks “Office”, Cell C2 kata “Excel”

Pada cell A4 masukan formula:

=CONCATENATE(A2,B2,C2)

 

Kemudian Enter

Hasilnya adalah kata “PanduanOfficeExcel”

Fungsi CONCATENATE

 

Baca Dulu:

Demikian penjelasan dari pertanyaan apa yang dimaksud fungsi string dalam Excel. Semoga membantu kalian semua yah! Jangan lupa untuk share postingan kami ya, selamat belajar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *