Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Download Contoh Data Soal Pivot Table Excel Untuk Latihan

2 min read

contoh soal pivot table excel download

Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi pengolah data cukup populer. Pada kali ini akan dijelaskan tentang contoh soal pivot table excel download beserta penjelasan-penjelasan lainnya. Anda bisa menggunakan contoh tersebut sebagai sumber referensi nantinya.

Contoh Soal Pivot Table Excel Download

Baca Juga : Fungsi Dalam Excel Yang Digunakan Menghitung Rata-Rata Dari Sekelompok Nilai

Apa Itu Pivot Table dalam Excel?

Pivot table merupakan tabel yang berisikan berbagai data rangkuman dari tabel lainnya. Tabel ini dibuat untuk melakukan beberapa pemrosesan data seperti menghitung rata-rata, penjumlahan, mengurutkan data, mengelompokkan data, dan lain-lain.

Dengan adanya pivot table maka akan ada rangkuman yang lebih mudah dibaca. Karena bersifat merangkum, biasanya pivot table digunakan pada berbagai laporan manajerial. Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki ribuan data penjualan.

Data penjualan tersebut terdiri dari beberapa toko di berbagai cabang dalam kurun waktu tertentu, misalnya per bulan. Karena tidak memungkinkan untuk manajer meminta ribuan data sekaligus, biasanya mereka akan lebih meminta bentuk rangkuman setiap daerah.

Data-Data yang Harus Dipersiapkan

Sebelum membuat dan mengoperasikan pivot table, ada beberapa data yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Misalnya, pastikan dalam tabel acuan tidak memiliki cell, baris, atau kolom yang kosong karena setiap data digunakan dalam membentuk pivot.

Apabila terdapat data yang kosong, maka tabel ini nantinya tidak akan memberikan hasil sesuai. Selanjutnya, pastikan juga tidak ada kolom yang bernama sama, pastikan tidak ada format merge cell karena akan membuat sistem kebingungan.

Jika syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, maka Anda sudah bisa mulai membuat pivot table. Untuk penjelasan lebih lengkap bisa dilihat di bagian berikutnya.

Langkah-Langkah untuk Membuat Pivot Table

Sebagai tambahan pengetahuan saja, berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat pivot table secara garis besar. Apabila ingin melihat lebih jelas bisa perhatikan contoh yang tersedia.

  • Blok data yang akan digunakan
  • Pilih menu Pivot Table pada bagian Insert
  • Tentukan lokasi data mentah
  • Isikan alamat range pada bagian tabel
  • Tentukan lokasi pivot table, baik worksheet baru atau sama
  • Klik OK
  • Tentukan kolom yang akan digunakan

Baca Juga :

Contoh Data Pivot Table

Di beberapa kasus seperti tes-tes dasar Microsoft Office biasanya akan diberikan beberapa soal mengenai pivot table. Oleh karena itu, silakan simak bagian ini secara teliti. Berikut ini ada contoh data excel untuk latihan pivot.

judul gambar

Contoh data Pivot Tabel

Contoh Data Pivot Table

Download

Anda bisa melihat dan mempelajarinya terlebih dahulu. Kemudian, silakan lakukan beberapa pengoperasian pivot table untuk latihan. Dengan demikian, ketika menghadapi soal tentang hal tersebut akan menjadi lebih mudah.

Contoh Soal Pivot Table dan Jawabannya

Berikut ini adalah beberapa contoh soal terkait pivot table yang sering dikeluarkan. Silakan pahami dan perhatikan baik-baik.

Contoh soal Pivot tabel

Contoh Soal Pivot Table dan Jawabannya

Download

1. Bagaimana cara membuat pivot table?

Caranya adalah tentukan terlebih dahulu tabel yang digunakan sebagai data acuan. Kemudian pilih Insert > Pivot Table. Pilih tempat untuk membuat tabel. Selanjutnya klik OK.

2. Apa fungsi Select A Table or Range?

Fungsinya adalah untuk mengambil data dari sheet yang sudah ada. Apabila ingin menggunakan sumber dari luar, pilih Use an External Data Source.

3. Apa fungsi dari pivot table

Pivot table berfungsi merangkum data-data yang besar menjadi lebih efisien. Tabel ini juga sangat membantu untuk dipakai mengelompokkan data.

Ketahui :

Itulah tadi beberapa contoh soal pivot table excel download juga apabila ingin memahami lebih jauh mengenai hal tersebut. Pada intinya, tabel ini cukup penting apabila ingin menganalisis data dalam jumlah besar menjadi lebih efektif dan efisien.

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text