Pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa contoh nota pembelian barang elektronik beserta cara mudah dalam membuatnya. Seperti kita ketahui, barang elektronik memang seperti kebutuhan pokok karena hampir setiap hari menggunakannya seperti kipas angin, televisi, lampu, laptop, dan masih banyak lagi. Di samping fungsinya yang sangat membantu kegiatan manusia, sayangnya risiko terjadi kerusakan pun tetap ada.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, biasanya pihak toko memberikan garansi beragam, mulai dari 3 bulan, 1 tahun, 3 tahun, atau 10 tahun. Namun, agar bisa melakukan klaim garansi tersebut, pembeli harus menunjukkan nota pembelian sebagai bukti. Jadi, bisa dikatakan itulah salah satu fungsi penting dari nota. Agar lebih jelas, silakan simak seluruh pembahasan berikut ini.
Baca Dulu : Aplikasi Nota Penjualan Excel
Contoh Nota Pembelian Barang Toko elektronik
Sebelum berlanjut ke contoh, Anda perlu mempelajari bagaimana formatnya terlebih dahulu. Setidaknya ada beberapa unsur wajib ada agar bisa menjadi bukti pembayaran yang sah. Lalu, apa saja unsur tersebut?
1. Nama toko/perusahaan
Jika berupa toko elektronik, maka masukkan nama toko sebagai identitas penjual barang. Akan tetapi, untuk perusahaan resmi, silakan cantumkan nama perusahaan tersebut. Jangan lupa tambahkan alamat serta nomor handphone agar mudah dihubungi oleh pembeli nantinya. Jika sudah memiliki logo, akan lebih baik jika unsur tersebut juga ditambahkan supaya meningkatkan integritas.
2. Nama pembeli
Nama pembeli juga merupakan unsur cukup penting. Fungsinya adalah menjadi bukti sah bahwa telah terjadi transaksi antara toko/perusahaan dengan pembeli tersebut. Biasanya selain nama lengkap, informasi lain seperti nomor handphone juga dibubuhkan. Jadi, apabila terjadi permasalahan dapat diselesaikan secara cepat.
3. Nomor transaksi
Nomor transaksi biasanya ditentukan oleh pihak toko. Nomor tersebut diurutkan berdasarkan jumlah transaksi per hari, per minggu, ataupun per bulan tergantung masing-masing kebijakan. Tujuan pemberian nomor transaksi adalah agar lebih mudah memantau transaksi yang telah dilakukan ketika ingin melakukan rekapan transaksi.
4. Tanggal transaksi
Tanggal transaksi sangat membantu baik untuk penjual maupun pembeli. Bagi penjual, unsur ini akan membantu ketika melakukan pembukuan. Sementara itu, bagi penjual bisa digunakan apabila ingin melakukan klaim garansi sebagai bukti bahwa barang masih dalam masa garansi setelah transaksi dilakukan.
5. Detail Transaksi
Unsur ini biasanya berupa barang yang dibeli seperti nama barang, jumlah barang, harga satuan, serta total harga. Sama seperti poin sebelumnya, detail ini akan membantu dalam melakukan pembukuan serta mempermudah perhitungan apabila pembelian dilakukan dalam jumlah banyak.
6. Nama, tanda tangan, dan cap
Sebagai legalitas bukti pembayaran, dibutuhkan nama, tanda tangan, serta cap dari toko. Unsur ini benar-benar harus ada guna menghindari penyalahgunaan nota oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab seperti membuat laporan pembelian palsu.
Baca Juga :
Contoh Nota Print
Agar lebih mudah dalam membantu pembuatan nota, Anda bisa melihat beberapa contoh nota berikut ini. Ada beberapa format seperti contoh nota Excel, word, dan sebagainya. Silakan pahami semua unsurnya terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa melakukan sedikit modifikasi seperti mengganti nama toko, mengubah kolom isian, atau hal lainnya. Semuanya tetap harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing.
Ketahui :
Demikian sedikit pembahasan mengenai beberapa contoh nota pembelian barang elektronik beserta unsur yang wajib ada jika ingin membuatnya. Mengingat betapa pentingnya nota tersebut sebagai bukti pembelian sah, maka sebaiknya pahami betul-betul dan buat sebaik mungkin agar pembeli serta penjual sama-sama merasakan nyaman bertransaksi.
Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.