Contoh Rekap Laporan Orderan Olshop

contoh rekap orderan olshop

Keberadaan contoh rekap orderan olshop ternyata sangat penting agar diketahui oleh para pebisnis. Adapun tujuan utamanya adalah buat mengetahui seperti apakah perputaran dalam bisnis Anda tersebut. Disamping itu dapat membantu untuk mengambil strategi paling tepat.

Contoh Rekap Orderan Olshop

Seperti sudah diketahui, bisnis online memang sedang tren belakangan ini. Karena itulah semakin banyak para pebisnis menerapkannya, terlebih lagi karena peluang keuntungan besar yang bisa didapatkan tersebut. Sayangnya karena semakin banyak pesaing, ternyata menjalankannya tidaklah mudah.

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan Penjualan Pulsa

Contoh Rekap Orderan Olshop Untuk Anda

Contoh Rekap Orderan Olshop
Contoh Rekap Orderan Olshop

[su_button url=”https://www.mediafire.com/file/kasvohi0cwuxadb/rekap-orderan.xlsx/file” rel=”nofollow” target=”blank” style=”flat” background=”#095d02″ center=”yes” icon=”icon: download”]Unduh[/su_button]

Bagi Anda yang menjalankan bisnis online ini, tentu ada banyak hal dimana perlu diperhatikan terlebih dahulu agar bisnis dapat berjalan dengan optimal. Selain mengetahui bagaimana strategi digital marketing tepat, Anda juga perlu memahami contoh rekap orderan olshop Excel karena nantinya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Bagi pebisnis memang wajib hukumnya melakukan rekap orderan tersebut untuk mengetahui kondisi keuangan. Sebab kesuksesan dalam sebuah bisnis bukan hanya bergantung pada hasil penjualan produk ataupun jasa tetapi juga bagaimana kondisi keuangan yang dikelola tersebut.

Namun sayangnya tidak sedikit dari masyarakat yang masih bingung bagaimana melakukan pembukuan tersebut. Oleh karena itulah, kami akan memberikan contoh paling sederhana diantaranya adalah.

1. Buku Pemasukan

Buku Pemasukan
Buku Pemasukan

[su_button url=”https://www.mediafire.com/file/dwz2dxzgdyp6tue/buku-pemasukan.xlsx/file” target=”blank” style=”flat” background=”#095d02″ center=”yes” icon=”icon: download”]Unduh[/su_button]

Pertama adalah contoh buku pemasukan atau pesanan dimana akan mencatat semua pesanan atau orderan yang masuk sekaligus jumlah totalnya. Atau secara singkat mempunyai fungsi besarnya penjualan atau pemasukan harian. Didalamnya biasanya juga terdapat data komisi dari supplier ataupun donasi dari pihak lain.

Buku Pemasukan

[su_button url=”https://www.mediafire.com/file/yff7ikvy3cxxzjy/buku-pemasukan-2.xlsx/file” target=”blank” style=”flat” background=”#095d02″ center=”yes” icon=”icon: download”]Unduh[/su_button]

Untuk memudahkan dalam proses pembuatannya maka terdapat beberapa data yang perlu diisi didalam kolom seperti nomor, pelanggan, nomor order, tanggal, tanggal bayar, jumlah, nominal sekaligus resi pengiriman. Berikut ini contoh sederhananya.

Baca Juga :

2. Buku Pengeluaran

masih ada contoh laporan keuangan online Shop lainnya yakni pengeluaran. Di dalam sebuah usaha pastinya akan terdapat pengeluaran rutin dari berbagai bentuk bukan. Pengeluaran inilah ternyata juga akan membantu melihat kondisi keuangan dari perusahaan.

Buku Pengeluaran

[su_button url=”https://www.mediafire.com/file/vaulp3ml3iyzujx/buku-pengeluaran.xlsx/file” target=”blank” style=”flat” background=”#095d02″ center=”yes” icon=”icon: download”]Unduh[/su_button]

Didalamnya nanti terdapat data untuk mencatat semua pengeluaran perusahaan dalam satu bulan seperti gaji karyawan, pembelian barang, listrik dan kebutuhan lainnya. Berikut ini contoh yang bisa Anda ikuti:

Buku Pengeluaran
Buku Pengeluaran

[su_button url=”https://www.mediafire.com/file/yq7kzhrp91vl6cr/Buku-pengeluaran-2.xlsx/file” target=”blank” style=”flat” background=”#095d02″ center=”yes” icon=”icon: download”]Unduh[/su_button]

Pentingnya Laporan Order atau Keuangan Bisnis

Perlu diketahui bahwa setiap pebisnis termasuk online shop maka membutuhkan adanya laporan order atau keuangan dengan baik. Baik itu bagi pengusaha pemula sekaligus professional ternyata membutuhkan keberadaan laporan tersebut.

Dengan membuat laporan order atau keuangan itulah ternyata mampu memberikan manfaat. Seperti dapat membantu Anda dalam melakukan pemantauan asset ataupun modal perusahaan. Aset dan modal itulah perlu diketahui sebagai urusan perpajakan nantinya.

Tidak sampai disitu saja, laporan inilah juga akan membantu untuk mengawasi arus kas bisnis, digunakan untuk pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan hingga digunakan sebagai tolak ukur pencapaian kerja.

Ketahui :

Contoh Rekap Orderan Olshop di Buku

Berikut adalah contoh pembukuan untuk sebuah toko online (olshop) dalam buku pembukuan:

  • Kas Masuk (Income)
Tanggal  Deskripsi Jumlah
10-02-2022 Penjualan Produk A Rp. 1.000.000
09-02-2022 Penjualan Produk B Rp. 500.000
  • Kas Keluar (Expense)
Tanggal  Deskripsi Jumlah
10-02-2022 Pembelian Produk A Rp. 500.000
09-02-2022 Pembayaran Sewa Tempat Rp. 2.000.000
  • Stok Barang
Produk Jumlah Harga Satuan
Produk A 20 Rp. 50.000
Produk B 15 Rp. 75.000
  • Hutang (Liabilities)
Tanggal Deskripsi Jumlah
10-02-2022 Hutang Pembelian Produk A Rp. 250.000
09-02-2022 Hutang Pembayaran Sewa Tempat Rp. 1.000.000
  • Piutang (Receivables)
Tanggal Deskripsi Jumlah
10-02-2022 Piutang Penjualan Produk B Rp. 250.000
09-02-2022 Piutang Penjualan Produk A Rp. 500.000

Dalam contoh ini, kas masuk dan kas keluar menunjukkan jumlah uang yang masuk dan keluar dari toko online, stok barang menunjukkan jumlah dan harga produk yang tersedia, hutang menunjukkan jumlah uang yang harus dibayar kepada pemasok, dan piutang menunjukkan jumlah uang yang harus diterima dari pelanggan.

Itu hanya contoh sederhana dari pembukuan untuk toko online. Sistem pembukuan yang sebenarnya bisa lebih kompleks dan membutuhkan lebih banyak kategori, tergantung pada ukuran dan kompleksitas bisnis Anda.

Sebagai pemilik bisnis, memang terdapat banyak hal yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum melangkah lebih jauh. Salah satunya adalah dengan memahami contoh rekap orderan olshop diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *