Download Contoh Format Kwitansi Excel Yang Bisa Diedit

2 min read

Kwitansi Excel

Dalam transaksi jual beli, pastinya dibutuhkan sebuah dokumen sebagai alat bukti pembayaran sah. Salah satu paling umum digunakan tentu adalah kwitansi. Untuk mendapatkannya, Anda dapat membelinya di toko alat tulis, foto kopian, mini market, dan tempat penjualan lainnya. Namun, selain itu rupanya Anda juga bisa membuat kwitansi Excel sendiri di rumah dengan mudah.

Kwitansi Excel

Dengan membuatnya sendiri, Anda bisa memberikan komponen isi informasi lebih lengkap lagi daripada yang dijual di toko. Selain itu, bisa juga diberikan logo khusus dari perusahaan sebagai bukti original pembayaran. Nah, bagi Anda yang ingin tahu tentang kwitansi dan ingin download format kwitansi Excel, maka simaklah informasi selengkapnya di bawah ini.

Baca Dulu : Download Nota Kosong Format Word

Penjelasan Tentang Kuitansi

Penjelasan Tentang Kuitansi

Unduh

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kuitansi merupakan sebuah surat bukti pembayaran uang tunai berisi tentang informasi transaksi terkait pertukaran uang. Adanya dokumen tersebut membuat proses jual beli punya kekuatan hukum valid serta sah. Apalagi jika memang digunakan materai dalam proses pembuatannya.

Membeli barang tanpa menggunakan bukti ini akan sangat berisiko. Oleh karena itu, pastikanlah bahwa setiap transaksi pembayaran langsung tunai Anda dilakukan selalu menggunakan bukti kuitansi sah agar punya landasan hukum kuat.

Dalam kenyataannya, pembuatan kuitansi ini dari waktu ke waktu semakin mudah. Bahkan, kini juga sudah tersedia aplikasi Kwitansi Excel untuk digunakan. Namun, terlepas dari cara pembuatannya, paling penting tetaplah format yang digunakan di dalamnya.

Mengenal Format Kwitansi Excel

Mengenal Format Kwitansi Excel

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat nota Excel sendiri di rumah, terdapat beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu. Hal tersebut adalah tentang format yang digunakan dalam pembuatan kuitansi. Berikut ini adalah format yang benar dalam membuat kuitansi sebagai bukti pembayaran valid.

1. Nomor

Di dalam kwitansi, pastinya harus terdapat nomor. Nomor tersebut dapat menampilkan jumlah pembayaran yang telah terjadi. Keberadaan nomor tersebut dapat membuat penjual lebih mudah dalam memberikan informasi terkait dengan transaksi.

judul gambar

2. Waktu

Tidak kalah penting berikutnya adalah adanya format waktu di kuitansi. Fungsi waktu di sini sangatlah krusial. Biasanya, di dalam kuitansi akan diberikan kolom untuk isian tanggal dan juga hari. Keberadaan waktu tentu tujuannya agar lebih mudah dilakukan pelacakan serta identifikasi pembayaran yang sebelumnya dilakukan.

3. Nama Beserta Tanda Tangan/Stempel Pemberi

Format selanjutnya adalah adanya nama terang atau tanda tangan dari pemberi kuitansi. Perlu diperhatikan bahwa tanda tangan ini sifatnya harus asli dari si penyetor. Selain itu, identitas dari pemberi kwitansi juga harus jelas dicantumkan. Dengan begitu, dokumen dapat menjadi valid sebagai bukti pembayaran.

4. Nama Beserta Tanda Tangan Penerima

Selain pemberi, nama beserta tanda tangan juga harus diberikan oleh penerima. Penerima di sini bisa dalam bentuk individu, lembaga, sampai dengan tingkat organisasi.

5. Jumlah Nominal dan Nominal Terbilang

Berikutnya, di dalam kwitansi harus berisi juga nominal uang dalam tulisan angka. Angka tersebut merupakan jumlah yang diberikan kepada penerima. Selain itu, cantumkan juga nominal terbilang dengan menggunakan huruf. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk mengurangi potensi kesalahan tulis angka.

6. Tujuan Pembayaran

Bagian yang terakhir adalah tujuan dilakukannya transaksi pembayaran. Dalam kuitansi, biasanya ini akan dimasukkan ke dalam kolom isi tujuan pembayaran. Tujuannya jelas, agar transaksi bisa diketahui dengan jelas digunakan untuk apa. Secara umum, bentuk template kwitansi excel bisa berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan.

Baca Juga : 

Download Kwitansi Excel

Berikutnya, Anda dapat download kwitansi excel otomatis dari beberapa contoh yang akan diberikan. Semua jenis format tersebut tentu bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa format kwitansi excel yang bisa diedit.

1. Contoh Kwitansi Excel

Contoh Kwitansi Excel

Download

Berikut ini akan diberikan beberapa contoh kuitansi berformat Excel yang bisa Anda unduh untuk digunakan. Cukup dengan melakukan beberapa editing sesuai kebutuhan, dokumen kuitansi sudah siap untuk dicetak. Berikut ini kwitansi Excel download untuk Anda.

2. Contoh Kwitansi Word

Selain dalam format Excel, akan diberikan juga contoh kuitansi dalam format Word. Ini bertujuan agar Anda yang lebih cocok menggunakan Word untuk dapat membuat kuitansi sendiri. Berikut ini adalah contohnya:

Contoh Kwitansi Word

Unduh

Ketahui :

Itulah tadi beberapa format pilihan kwitansi Excel dan Word yang bisa Anda gunakan. Pilih dan sesuaikanlah format bukti transaksi tersebut dengan kebutuhan Anda. Terlepas dari hal tersebut, pastikan bahwa kuitansi yang dibuat sudah mengandung semua format yang baik seperti di jelaskan pada artikel di atas.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.