Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Harian Maupun Perbulan Dengan Gaji 1 Juta

2 min read

Cara Mengatur keuangan Rumah Tangga dengan gaji 1 juta

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, selagi seseorang yang melakukannya selalu bersikap konsisten. Untuk membantu banyak orang dalam mengatur keuangannya secara lebih baik lagi, disini kami akan membahas tentang cara mengatur gaji 1 juta per bulan. Selain itu, artikel ini juga akan membahas tentang cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji harian yang tepat. Jadi, hanya dengan melakukan cara membagi uang gaji 1 juta yang ada di artikel ini, keuangan rumah tangga bisa lebih diatur dengan baik.

Cara Mengatur keuangan Rumah Tangga dengan gaji 1 juta

Baca Dulu : Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga

4 Cara Membagi Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta Per Bulan

4 Cara Membagi Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta Per Bulan

1. Gunakan pembagian 70% untuk kebutuhan sehari-hari

Bagi sebagian besar orang, gaji 1 juta per bulan memang cukup kecil untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya selama 1 bulan. Namun, jika pekerja yang mendapat gaji 1 juta per bulan itu bisa mengaturnya dengan baik, maka keuangan rumah tangganya bisa lebih diatur. Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta per bulan adalah, dengan membagi penghasilan tersebut sebanyak 70% untuk kebutuhan sehari-hari.

Mulai dari untuk membeli beras, membeli lauk pauk, membayar tagihan, hingga beberapa jenis kebutuhan sehari-hari lainnya. Nantinya, jumlah 70% dari Rp. 1.000.000,00 adalah Rp. 700.000,00. Jadi, gunakan budget tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga masing-masing.

2. Gunakan pembagian 15% untuk ditabung

Setelah pembagian 70% telah disisihkan, maka sisa 15%-nya bisa digunakan untuk menabung, supaya tabungan ini bisa menjadi dana darurat tersendiri bagi sebagian besar orang yang melakukannya. Untuk jumlah 15% dari Rp. 1.000.000,00 sendiri adalah Rp. 150.000,00. Jadi, setiap bulan kamu bisa menabungkan gajimu sebanyak Rp.150.000,00. Meski terkesan sedikit, tapi jika dilakukan secara konsisten, tabungan ini bisa menjadi lebih banyak lagi.

3. Gunakan pembagian 10% untuk berinvestasi

Sekarang, sudah ada banyak orang yang ingin berinvestasi untuk melindungi nilai kekayaannya di masa depan. Bagi para pekerja yang masih memiliki gaji 1 juta per bulannya sendiri boleh-boleh saja melakukan aktivitas menguntungkan ini. Hanya saja, pastikan gaji yang diinvestasikan ini hanyalah 10% dari keseluruhan gajinya. Sehingga, kamu hanya bisa menginvestasikan uang sebesar Rp. 100.000,00 saja untuk per bulannya.

4. Gunakan pembagian 5% untuk hiburan

Setelah membagi semua gaji yang sudah didapatkan, maka sekarang akan tersisa uang sebesar Rp. 50.000,00. Nah, uang inilah yang baru bisa digunakan untuk menyenangkan tubuh dan pikiran para pekerja. Pastikan hiburan yang dipilih dapat membangkitkan rasa semangat lagi ke dalam dirimu, supaya kamu bisa menjalani kesibukanmu lagi dengan perasaan yang puas.

judul gambar

Baca Juga :

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji Harian

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji Harian

1. Buatlah rencana pengeluaran yang mengutamakan kebutuhan sehari-hari

Agar gaji harian ini tidak numpang lewat saja, pastikan kamu sudah membuat rencana pengeluaran yang mengutamakan kebutuhan sehari-hari dalam keluargamu. Sebab, pengeluaran memang harus diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan utama seperti makan dan minum, cicilan atau pun tagihan, transportasi, rumah, hingga beberapa jenis kebutuhan utama lainnya.

Untuk melakukan aktivitas ini, kamu bisa membuat persentase seperti rumus mengatur keuangan yang tepat. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan persentase 40% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk cicilan dan tagihan, 20% untuk masa depan, dan 10% untuk beramal.

2. Buatlah pos anggaran dengan tepat

Karena gaji ini akan datang setiap hari, jadi buatlah pos anggaran yang bisa dilakukan setiap hari juga. Dalam hal ini, tidak ada kata menunda untuk melakukannya. Jadi, ketika gaji sudah masuk ke rekening bank, kamu bisa langsung membaginya sesuai dengan pos anggarannya masing-masing.

Jika kamu tidak melakukan cara ini sesegera mungkin, maka hal ini dapat memperbesar kemungkinan gaji sudah keburu habis duluan. Maka dari itu, untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan baik akan membutuhkan kedisiplinan yang sangat besar.

3. Catat setiap realisasi pengeluaran

Pastikan juga realisasi pengeluaran yang dilakukan tidak menyimpang. Sebab, jika realisasi pengeluaran menyimpang, hal ini dapat membuatmu bingung untuk menghitung pengeluaran yang telah dilakukan.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu mencatat setiap uang yang sudah dibelanjakan dengan serinci mungkin. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa membuat daftar realisasi pengeluaran secara terpisah. Dengan begitu, ketika terjadi pengeluaran yang sesuai rencana maupun tidak sesuai rencana, kamu bisa langsung mendeteksinya dengan mudah.

Ketahui :

Melihat penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta per bulan bisa dilakukan dengan mudah. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu memahami dan menerapkan beberapa cara yang ada di atas. Jadi, tunggu apa lagi? Segera atur keuangan rumah tanggamu, agar kebutuhan keluargamu bisa lebih mudah terpenuhi.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.