Download Contoh Laporan Tabel Penjualan Harian Makanan Sederhana

2 min read

contoh tabel penjualan harian

Dalam memulai usaha baik skala kecil, tengah, maupun skala besar, Anda wajib untuk melakukan pencatatan penjualannya dengan baik. Hal ini sangat penting untuk dapat mengontrol usaha agar lebih baik dan sehat. Untuk melakukannya, sebenarnya tidak terlalu sulit. Apalagi sekarang telah terdapat banyak sekali contoh tabel penjualan harian di internet yang bisa Anda gunakan.

contoh tabel penjualan harian

Dengan memiliki laporan jualan, tentu bisnis yang dijalankan akan dapat berkembang lebih baik lagi. Apalagi jika memang bisnis yang dijalankan masih tergolong kecil, tentu membutuhkan perhitungan sangat detail. Untuk itu, agar Anda lebih mengenal tentang tabel laporan usaha, berikut ini adalah pembahasan beserta contoh mengenai laporan tabel penjualan.

Baca Dulu : Contoh Pembukuan Warung Sembako Kecil 

Mengenal Apa Itu Tabel Laporan Penjualan

Tabel penjualan bisnis atau usaha merupakan sebuah metrik kinerja yang berisi tentang target jualan, pertumbuhan bisnis, serta berbagai aspek lainnya. Dengan menggunakan Excel table tersebut, pengusaha dapat mempunyai gambaran umum tentang kondisi bisnis baik dalam waktu harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan.

Adanya tabel seperti ini juga dapat memberikan masukkan bagi pengusaha dalam mengambil keputusan terkait dengan kebijakan usaha. Selain itu, gambaran yang diberikan pada tabel juga dapat membantu dalam mencari peluang baru dalam upaya peningkatan penjualan produk Anda.

Langkah Membuat Tabel Penjualan Usaha

Langkah Membuat Tabel Penjualan Usaha

Dalam membuat tabel, tentu tidak boleh dilakukan asal-asalan. Terdapat beberapa hal penting untuk diperhatikan saat Anda menyusun table tersebut. Hal tersebut bisa digunakan dalam contoh laporan penjualan harian makanan ataupun jenis usaha lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya.

1. Menentukan Target Pasar

Pertama, pikirkanlah tentang siapa saja yang ditargetkan untuk membaca serta memahami laporan tersebut.

2. Menentukan Tujuan

Berikutnya, tentukan tujuan dan sharing peningkatan hasil penjualan bulanan baik dengan analis maupun manajemen bersama team bisnis.

3. Menentukan Range Waktu Laporan

Anda bisa menentukan laporan akan dibuat dalam jangka waktu harian, mingguan, bulanan, serta tahunan. Selain itu, bisa juga tampilan data menunjukkan hasil kuartal sebelumnya.

4. Kumpulkan Data Akurat

Karena tujuan dari pembuatan table ini agar penjualan tertentu bisa dilakukan pelacakan, maka pembuatan harus menggunakan analisis bisnis. Hal tersebut bertujuan agar bisa dilakukan analisis secara menyeluruh pada table laporan. Tindakan tersebut merupakan sebuah langkah untuk membuat analisis menjadi lebih sederhana sehingga laporan bisa segera dibuat.

Baca Juga :

5. Berikan Visualisasi Terhadap Hasil Analisis

Tidak kalah penting dalam proses analisis dan membaca data adalah dengan melakukan visualisasi informasi. Hal ini tentu akan membuat pembaca dapat lebih mudah lagi dalam memahami data yang ditampilkan.

6. Berikan Latar Belakang

Jangan lupa juga untuk memberikan latar belakang kisah lengkap sebagai penggambaran karakter. Pemberian latar belakang ini terutama untuk laporan mingguan.

7. Berikan Sentuhan Kreativitas

Untuk menunjukkan perasaan personal, Anda bisa memberikan tambahan beberapa kreativitas pada table agar menarik perhatian para pembaca.

Contoh Laporan Penjualan Sederhana

Pada bagian ini akan diberikan beberapa contoh hasil laporan baik harian, mingguan, maupun tahunan. Berikut ini adalah contoh excel penjualan untuk berbagai jenis tabel laporan usaha:

1. Tabel Jualan Harian

Laporan harian ini biasanya dibutuhkan untuk jenis usaha retail. Hal itu karena memang jenis usaha ini penjualannya harian. Berikut ini adalah contoh tabelnya.

judul gambar

Tabel Jualan Harian

2. Tabel Jualan Bulanan

Berikutnya ada juga laporan untuk skala waktu bulanan. Dengan menggunakan table ini, bisnis atau usaha menengah ke bawah bisa melakukan pelacakan terhadap penjualannya. Selain itu, penjual juga bisa melakukan perkiraan penjualan per bulan dengan adanya table ini. Berikut ini adalah contoh tabelnya.

Tabel Jualan Harian

Download

Tabel Jualan Bulanan

3. Tabel Jualan Tahunan

Terakhir ada juga contoh table jualan dalam skala waktu satu tahun. Laporan ini biasa digunakan oleh para perusahaan profesional untuk melihat perkembangan bisnisnya dalam waktu tahun ke tahun. Berikut ini adalah contoh laporannya untuk Anda.

Tabel Jualan Tahunan

Download

Baca Juga :

Itulah tadi beberapa contoh tabel penjualan harian sampai dengan tahunan yang bisa Anda gunakan. Semua contoh tersebut menggunakan format excel sehingga memudahkan dalam proses editing. Buatlah laporan tersebut dengan baik agar pengelolaan bisnis bisa menjadi lebih terkontrol. Hasilnya. Anda dapat membuat bisnis terus berkembang dan meraih kesuksesan di masa yang akan datang.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.