Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Contoh Normalisasi Database Sederhana Penjualan Online

2 min read

contoh normalisasi database penjualan

Contoh normalisasi database penjualan menjadi salah satu aspek penting yang harus diketahui oleh pengusaha. Contoh normalisasi penjualan buku, produk kosmetik, ataupun barang lain menjadi permisalan yang banyak dicari. Ada beberapa contoh normalisasi database sederhana yang bisa Anda gunakan.

contoh normalisasi database penjualan

Normalisasi database ini akan membuat sortir data menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Dengan menggunakan contoh tersebut, Anda bisa lebih mudah untuk menyelesaikan berbagai tugas penjualan ataupun pengumpulan dan analisis pada data. Penjelasan contoh normalisasi penjualan buku menjadi salah satu contoh yang bisa Anda terapkan.

Pengertian Normalisasi dan Contohnya

Normalisasi merupakan nama teknik untuk melakukan desain logika pada sebuah data. Dengan melakukan desain logika, mana basis data yang sudah didapatkan dapat dikelompokkan sesuai dengan atribut yang dimiliki atau relasi yang dipunya. Nantinya struktur relasi yang baik juga bisa didapatkan. Contoh normalisasi penjualan online juga menggunakan konsep yang sama.

contoh normalisasi database penjualan

Pengertian lain dari normalisasi adalah pembentukan struktur yang berbasis data, sehingga ambiguitas bisa dilakukan dengan lebih efisien. Dalam data, ambiguitas bisa menjadi hal yang membuat data tidak lagi valid dan sulit untuk dianalisis atau disimpulkan.  Jika tidak dilakukan dengan benar, contoh normalisasi database sederhana juga tidak bisa dimanfaatkan.

Ada beberapa tujuan dari proses normalisasi, diantaranya:

  • Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan data yang rangkap.
  • Kompleksititas data juga bisa dikurangi, sehingga data lebih mudah untuk dipahami.
  • Proses modifikasi juga bisa dilakukan dengan menggunakan normalisasi data.

Baca Juga :

Dengan normalisasi data, maka banyak manfaat yang akan Anda dapatkan sebagai pengguna atau pihak yang menganalisis data, misalnya jika Anda ingin menggunakan contoh soal normalisasi basis data dan jawabannya. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah:

  • Data tersimpan dengan aman

Data yang tidak diolah dan dinormalisasi akan membuat data tercecer dan tidak mampu memberikan informasi tertentu. Data yang tercecer akan sulit digunakan dan tidak bisa dianalisis dengan lengkap. Jika ini terjadi, maka data akan gagal memberikan pengetahuan pada orang lain.

  • Informasi lengkap

Dengan menggunakan contoh normalisasi database pada mahasiswa, maka informasi yang didapatkan oleh mahasiswa tentu lebih lengkap. Data yang lengkap akan membuatnya lebih mudah dianalisis dan digunakan untuk berbagai kebutuhan saintifik.

judul gambar
  • Tidak ada pengulangan data

Redudansi atau pengulangan data akan membuat data menjadi dobel. Ini akan membuat penghitungan menjadi sulit untuk dilakukan. Apalagi jika Anda hendak melakukan contoh normalisasi database penjualan, pengulangan data akan membuat data yang ditampilkan tidak representative.

  • Eror atau null value

Jika Anda menggunakan aplikasi untuk membuat analisis data dan pengumpulannya, maka penting untuk melakukan normalisasi. Contoh normalisasi penjualan buku akan membuat data menjadi valid dan sesuai dengan kebutuhan. Data yang valid akan membantu Anda mendapatkan keterangan yang lengkap.

  • Proses merancang yang lebih mudah

Berikutnya mengenai proses merancang data, jika Anda hendak menggunakan contoh normalisasi penjualan online, maka perancangan yang akan dilakukan bisa makin mudah. Data yang dinormalisasi akan membuat proses perhitungan menjadi lebih efisien.

Contoh Normalisasi pada Database

Ada beberapa contoh normalisasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengolahan atau analisis data, diantaranya adalah:

  • First normal form

Yang pertama adalah first normal form atau 1NF. Jenis ini bisa digunakan sebagai contoh normalisasi database sederhana yang bisa Anda manfaatkan. Ada beberapa fungsi dari database ini, diantaranya untuk menghilangkan duplikasi kolom ataupun data.

contoh normalisasi penjualan buku

Jenis normalisasi ini juga memberikan tabel secara terpisah, sesuai dengan jenis dan kelompok data yang digunakan. Dengan menggunakan jenis ini, identifikasi data bisa dilakukan lebih cepat dan tidak memakan waktu yang lama.

  • Second normal form

Jenis kedua adalah second normal form atau 2NF, jenis ini merupakan contoh soal normaliasi basis data dan jawabannya yang menarik untuk digunakan. Pasalnya data yang ada akan dibuat dalam bentuk tabel, yang membuatnya lebih mudah untuk dipahami.

Ada beberapa fungsi dari jenis normalisasi data ini, diantaranya adalah penghapusan beberapa subset data pada tabel, ini akan menempatkan data pada tabel yang terpisah sesuai dengan kategori yang dimiliki. Jenis ini juga menciptakan hubungan yang sesuai dengan tabel baru dan tabel lama jika memiliki data yang sama.

Ketika menggunakan jenis ini, maka atribut data dan tabel yang dimiliki akan sesuai dengan fungsinya. Proses analisis menggunakan contoh normalisasi database mahasiswa ini juga lebih ringkas dan mudah untuk digunakan semua orang.

  • Third normal form

Selanjutnya adalah jenis 3 NF atau third normal form,  jenis ini merupakan contoh normalisasi database penjualan yang juga umum digunakan. Database ini digunakan untuk menghilangkan semua atribut atau data yang tidak dibutuhkan, sehingga data yang didapatkan menjadi lebih ringkas.

Baca Juga :

Ada beberapa syarat ketika menggunakan jenis contoh normalisasi penjualan buku ini, diantaranya adalah harus menghapus kolom yang tidak tergantung dengan primary key atau data utama. Pengguna juga harus memenuhi semua syarat dari normalisasi jenis kedua untuk memakai jenis ketiga.

Untuk membuat contoh normalisasi penjualan online, Anda bisa memilih salah satu dari tiga jenis contoh normalisasi diatas. Pilih sesuai dengan jenis data yang dimiliki, jangan lupa untuk memenuhi syaratnya agar data memiliki nilai valid yang baik.

Demikianlah rincian terkait dengan contoh normalisasi database penjualan, ini akan memudahkan Anda melakukan analisis dan rincian data dengan lengkap. Semoga informasi diatas dapat memudahkan Anda menyelesaikan dan membuat analisis data penjualan.

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text