Cara Mengatasi Hyperlink Excel 2013 Tidak Berfungsi

Link Excel tidak berfungsi – Apakah Anda pernah mengalami ketika ingin membuka link di Excel namun tidak bisa? Penulis sendiri menggunakan Microsoft Excel 2013 dimana pernah mengalaminya. Yup, hyperlink Excel 2013 admin pernah juga tidak berfungsi. Usut punya usut penyebabnya sederhana dan solusinya mudah banget gaes.

 

Cara Mengatasi Hyperlink Excel 2013 Tidak Berfungsi

 

link excel tidak berfungsi

Setelah berselancar didunia maya mencari solusi, ternyata ada dua hal yang perlu kita perhatikan untuk mengatasi masalah hyperlink pada Excel 2013 ini.

  1. Nama File

Pastikan nama file yang dipakai untuk hyperlink ini tidak memakai character (#). Contoh: PanduanExcel#1.pdf. File tersebut harus kita edit atau rename untuk menghilangkan karakter #. Kita tinggal menghapus tanda # pada file sumber dengan cara edit hyperlink, lalu ganti dengan file yang baru kita edit hyperlinknya.

  1. File ada di Flash Disk / External Drive

Permasalahan link pada excel tidak berfungsi juga bisa disebabkan file yang di link dari Excel berada pada Flash Disk atau eksternal Drive. Pada permasalahan ini, hyperlink mengarah ke drve F, namun saat kita cek di Windows Explorer ternya Flash Disk tersebut muncul atau terbaca pada drive lain, misal drive G.

Jika file yang akan kita buka atau kita lihat hanya beebrapa saja, maka kita tinggal mengeditnya. Namun jika file tersebut banyak jumlahnya, tentu ini akan memakan banyak waktu kan?

 

link pada excel tidak berfungsi

Yup, untuk mengedit file satu – satu tentunya akan memakan waktu yang lama, oleh karena itu perlu cara praktis menyelesaikannya.

Silahkan menuju ke Desktop Windows. Untuk Windows 10, silahkan ikuti langkah – langkah dibawah ini:

1. >>> Pertama Klik Start

2. >>> Cari Disk Management

Disk Management

 

 

3. >>> Klik Kanan Drive / Flashdisk

4. >> Pilih Change Drive Letter And Paths …

Mengatasi Hyperlink Excel 2013 Tidak Berfungsi

 

5. >> Pilih Change

Pilih change

 

 

6. >> Ubah Drive sesuai dari hyperlink (disini saya ubah dari drive G ke Drive F).

7. >>> Klik Yes

Dengan cara tersebut permasalahan hyperlink yang tidak bisa terbuka bisa diselesaikan dengan cepat. Untuk Windows versi lain silahkan menyesuaikan ya.

Simpel dan mudah kan?

Nah, demikian cara mengatasi link excel tidak yang tidak berfungsi. Semoga membantu Anda!

Leave a Reply