Cara Mengubah Ukuran Kertas di Word 2007, 2010, 2016 menjadi A4

Cara mengubah ukuran kertas di Word menjadi A4 — Dalam menggunakan aplikasi Microsoft Word, banyak jenis ukuran kertas yang dapat dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan para pengguna Microsoft Word. Pengguna Microsoft Word dapat mengubah ukuran kertas yang diinginkan secara manual. Kali ini PanduanOffice.web.id akan berbagi untuk kamu semua tentang cara mengatur ukuran kertas di Word. Cek it out!

Cara mengubah ukuran kertas di Word menjadi A4

Namun masih banyak pengguna Microsoft Word yang tidak mengetahui ukuran kertas yang tersedia di Microsoft Office Word dan fungsi dari setiap ukuran kertasnya. Oleh karena itu sebelum mengatur ukuran kertas yang diinginkan, ada baiknya jika anda mengetahui apa saja ukuran kertas yang sering digunakan pada Microsoft Word beserta penggunaannya

Macam macam ukuran kertas dengan satuan centimeter

cara mengubah ukuran kertas di word menjadi a4 di hp

A4                                  : 20.9 cm * 29.6 cm

A3                                  : 29.6 cm * 41.91 cm

A5                                  : 14.8 cm * 21 cm

A6                                  : 10.5 cm * 14.8 cm

Folio/F4/HVS             : 21 cm * 33 cm

Amplop                        : 22.9 cm * 32.4 cm

Legal                             : 21.59 * 35.56 cm

Letter                           : 22 cm * 28 cm

Baca Dulu: 

Jenis kertas dan penggunaannya

A4 : ukuran kertas ini biasa digunakan untuk mencetak makalah dalam bidang pendidikan baik informal maupun formal. Ukuran kertasnya yang tidak sebesar F4, membuat A4 menjadi ukuran resmi yang sering digunakan  mahasiswa ataupun siswa di sekolah.

Cara mengubah ukuran kertas menjadi a4 di microsoft word 2007

Cara mengubah ukuran kertas menjadi A4 di Microsoft Word 2007

A3 : ukuran kertas satu ini cocok sekali untuk digunakan sebagai media menggambar. Ukuran kertas A3 memiliki ukuran yang lebih kecil dari A4. Ukuran ini banyak digunakan sebagai media untuk menggambar

A5 : ukuran kertas yang satu ini terbilang relatif kecil. Ukuran kertas A5 sering digunakan untuk membuat buku catatan kecil. Seperti note book ataupun dalam pembuatan kalender ukuran kecil

A6 : ukuran kertas ini biasa digunakan dalam pembuatan kartu nama seseorang, tidak hanya kartu nama, pembuatan kwitansi dan amplop biasanya menggunakan ukuran kertas jenis ini

Folio : sering digunakan untuk dokumen resmi pada pekerjaan. Kertas ini juga biasanya dipakai untuk menfoto copy beberapa dokumen. Beberapa lembaga belajar informal juga lebih memilih ukuran kertas folio dalam     mencetak soal soal ujian ataupun exercise. Ukuran F4 dianggap lebih efisien untuk sekolah atuapun lembaga informal sehingga lebih hemat dalam pemakaian kertas.  

Baca Juga:

Cara mengubah ukuran kertas di Microsoft Office Word

  1. Langkah pertama, pastikan aplikasi microsoft word sudah tersedia dan telah terinstal di laptop, kemudian buka aplikasi Microsoft Office word pada laptop
  2. Langkah kedua, pilih menu “Page layout” yang ada di sebelah menu “Insert
  3. Langkah ketiga, pilih “Size”, kemudian akan terbuka berbagai jenis ukuran kertas yang diinginkan seperti A4, A3, A5, folio, Legal dan lain lain. Untuk kali ini kita akan mengubah ukuran kertas menjadi A4, jika pilihan sudah tersedia di “Size” maka anda hanya perlu mengklik pilihan A4, lalu secara otomatis kertas akan berubah ukuran menjadi A4. Namun jika anda ingin mengatur ukuran kertas sendiri sesuai kebutuhan. anda dapat mengklik “More Paper Sizes” yang ada di bagian paling bawah.
    cara mengubah ukuran kertas menjadi a4 di microsoft word 2010

    Cara mengubah ukuran kertas menjadi A4 di Microsoft Word 2010

  4. langkah keempat, anda akan menemukan “Width” dan “Height” di layar, anda dapat mengatur ukuran width dan height yang diinginkan. Ukuran normal untuk kertas pada umumnya adalah sebesar width 21,59 cm dan height 33 cm.
  5. sebelum mengklik ‘OK’, anda juga dapat mengatur batas atas, bawah, kanan dan kiri kertas dengan mengklik “Margin” yang ada di samping “Paper”. di menu “Margin” anda juga dapat mengatur letak kertas potrait atau tegak ataupun landscape.
  6. jika telah diatur secara keseluruhan, klik “OK” pada bagian kiri bawah. Ukuran kertas telah berubah sesuai dengan pengaturan yang diinginkan.

Artikel Terkait:

Itulah beberapa tata cara mudah mengatur ukuran kertas pada microsoft office word menjadi A4. Setiap ukuran kertas memiliki penggunaan dan fungsi yang berbeda beda. Untuk itu, pengetahuan tentang cara mudah dalam mengubah ukuran kertas pada microsoft word sangat dibutuhkan para pengguna microsoft word.

Leave a Reply