Dalam Menuliskan Rumus Pada Excel Harus Didahului Dengan…?

Soal Excel dan Pembahasannya:
Dalam menuliskan rumus pada Excel harus didahului dengan ….

 

Jawab: Sama Dengan (=)

 

Pembahasan

Untuk menuliskan rumus pada Microsoft Office Excel 2007 adalah dengan mengawali symbol “=” (sama dengan). Semua versi Ms Office menggunakan simbol “=” saat kamu mau menuliskan rumus Excel. Simbol yang digunakan menuliskan rumus pada Microsoft Excel ini akan membuat angka atau bilangan pada tabel Excel bisa dihitung. Masih inget, data apa saja yang bisa dihitung (di jumlah, dikurangi, dibagi?) dan data yang tidak bisa dihitung di Excel? Silahkan baca pembahasan materi soal Excel sebelumnya, atau baca: Yang Termasuk Tipe Data Dalam Excel.

Ok kita lanjutkan cara menulis rumus Excel:

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Office Excel kamu. Kalian bisa buka versi apapun, mulai dari Ms Office Excel 2007, 2010, 2013 sampai Ms office 2019.
  2. Setelah terbuka lembar kerja Excelnya, jika mau memasukkan rumus Excel tinggal klik terlebih dahulu di cell mana kalian akan menuliskan rumus atau menyimpan hasilnya mau di cell mana.
  3. Misalnya, kalian akan mencari hasil penjumlahan yang nantinya ada di cell E3. Maka klik cell E3. Klik simbol “=”.
  4. Masukan rumus penjumlahan dengan mengetik =SUM(
  5. Klik cell yang mau dijumlahkan atau dihitung, kemudian kalian bisa langsung menuliskan perintah untuk menghitung. Misal mau menjumlahkan cell A sampai cell D. Maka klik cell tulis “=”, lalu drag dari cell A3, sambil menekan tombol mouse tarik sampai cell D3, maka akan muncul garis putus-putus. Tekan Enter pada keyboard Maka hasilnya akan langsung tertampil di cell E.

Dalam menuliskan rumus pada Excel harus didahului dengan ....

Fungsi utama program Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka. Untuk mengolah angka ini dibutuhkan rumus. Nah, untuk menulis rumus ini tentunya ada ketentuannya. Memakai simbol “=” adalah ketentuan dalam menulis rumus Excel.

dalam menuliskan rumus pada excel harus didahului dengan

Ada macam-macam rumus Excel yang sering di pakai oleh para penggunanya. Seperti:

1. Rumus penjumlahan,
Rumus penjumlahan seperti yang kita praktekkan diatas ya. Rumus penjumlahan menggunakan syntags:

=SUM(Cell1:Cell1)

Penjumlahan ini dilakukan ddi 1 kolom atau bari saja. Jika tidak 1 kolom, maka pakai tanda “+”.

Pelajari: Cara Penggunaan Rumus Excel Penjumlahan

2. Rumus rata-rata,
Rumus ini menggunakan syntags:

=AVERAGE (Cell1:Cell2)

Rumus Excel yang satu ini juga sering dipakai untuk mencari nilai rata-rata nilai. Kamu bisa pelajari di materi berikut:

3. Pengurangan,
Pengurangan ini juga sering dipakai dalam hitung-menghitung. Tidak sedikit mereka menggunakan program Microsoft Excel untuk meyelesaikan pengurangan angka. Cukup menggunakan simbol “-“.

Pelajari:

4. Rumus IF
Rumus IF juga banyak dipakai pengguna Excel, terutama mereka yang sudah cukup mengenal MS Excel ini. Ada beberapa panduan RUMUS IF Excel ini yang bisa kamu pelajari disini. Silahkan pelajari materinya dibawah ini!

5. VLOOKUP
Rumus VLOOKUP juga banyak dipakai oleh mereka pengguna Excel. Kalian juga bisa belajar di PanduanOffice.web.id untuk mengenal rumus VLOOKUP ini.

Pelajari: Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Kelima rumus Excel diatas adalah rumus populer yang banyak dipakai oleh para pengguna MS Offcie Excel.

Nah itulah pembahasan soal Excel:

Dalam menuliskan rumus pada excel harus didahului dengan …

Semoga bermanfaat buat kalian, selamat belajar!

Leave a Reply