Cara Cepat Rekap Usia Pakai Rumus Excel Pengelompokan Umur & Jenis Kelamin

1 min read

rumus excel saldo otomatis

Microsoft Excel memang menjadi salah satu tools paling berguna dalam mengolah data. Salah satu contohnya adalah rumus Excel pengelompokan umur dan jenis kelamin. Biasanya rumus tersebut digunakan terkait data sebuah kelompok.

Rumus Excel Pengelompokan Umur dan Jenis Kelamin

Jika Anda sedang mencari tahu cara pengelompokan tersebut, maka silakan simak seluruh pembahasan berikut. Beberapa rumus di bawah ini bisa diterapkan di Microsoft Office 2003 hingga versi terbaru.

Baca Dulu : Download Aplikasi Data Penduduk Gratis Excel

Cara Cepat Rekap Usia Sesuai Rentang usia dan Jenis Kelamin

Seperti kita ketahui, dengan menggunakan rumus tertentu, aktivitas pengolahan data akan menjadi lebih mudah. Pasalnya, Anda hanya cukup memasukkan data-data saja, kemudian hasilnya bisa langsung didapatkan berdasarkan formula tersebut. Lalu, apa saja rumus-rumusnya?

1. Rumus menghitung kelompok umur

Rumus Excel pengelompokan umur dan jenis kelamin yang pertama dimulai dari kelompok usia terlebih dahulu. Biasanya formula ini digunakan apabila data terdapat berbagai macam usia mulai dari 5 tahun hingga 60 tahun atau lebih tergantung kebutuhan.

Selanjutnya, pengelompokan dapat dilakukan untuk menghitung berapa jumlah orang yang termasuk dalam kelompok umur tertentu. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat tabel pengelompokan umur sebagai contoh.

Tabel Pengelompokan Umur

Pada prinsipnya, pengelompokan ini hanya akan menggunakan formula COUNTIF saja. Untuk menghitung rentang umur, sebagai contoh 6—13 tahun, maka silakan ikuti langkah berikut.

  • Ambil kriteria, dalam hal ini adalah >5 dan juga <=13
  • Masukkan rumus =COUNTIFS(C2:C21;">5";C2:C21;"<=13")
  • Akan muncul jumlah orang dengan rentang usia tersebut
  • Lakukan rumus yang sama untuk rentang usia lainnya
  • Selesai

Perlu diketahui bahwa setiap data pasti memiliki tabel yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda memahami terlebih dahulu apa saja maksud dari kolom-kolom tersebut. Jika suda paham, maka cara ini bisa diaplikasikan ke berbagai bentuk tabel.

Baca Juga :

judul gambar

2. Rumus excel pengelompokan jenis kelamin

Rumus excel pengelompokan jenis kelamin

Pada dasarnya rumus Excel pengelompokan umur dan jenis kelamin hampir mirip, yakni menggunakan formula COUNTIF. Prinsipnya adalah sistem akan memberikan berapa jumlah data dengan kriteria tertentu. Jika sebelumnya berdasarkan angka, maka kali ini didasarkan pada teks.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan tabel pengelompokan jenis kelamin pada contoh. Di tabel tersebut, setiap orang sudah memiliki keterangan jenis kelamin disimbolkan dengan huruf L dan P. Tugas kita adalah mencari berapa jumlah L serta P.

Lalu, bagaimana cara menerapkan rumusnya, silakan ikuti langkah berikut.

  • Perhatikan kolom jenis kelamin
  • Buat cell tentang jumlah laki-laki dan perempuan
  • Pada kasus seperti contoh, untuk mencari jumlah laki-laki gunakan formula =COUNTIF(C2:C6;”L”)
  • Tekan Enter
  • Data jumlah laki-laki akan muncul
  • Untuk mencari jumlah perempuan, gunakan formula =COUNTIF(C2:C6;”P”)
  • Tekan Enter
  • Selesai

Dengan rumus di atas, maka Anda akan mendapatkan data yang dibutuhkan, yakni berapa saja jumlah orang dengan jenis kelamin tertentu. Jika sudah mendapatkan hasilnya, maka silakan rapikan agar lebih mudah dibaca.

Rangkuman

Jadi, dari penjelasan di atas sebenarnya rumus excel pengelompokan umur dan jenis kelamin adalah menggunakan formula COUNTIF. Selain kedua kriteria di atas, COUNT IF juga bisa diterapkan untuk berbagai data lain.

Sebagai contoh, dari sekelompok data, Anda ingin mengetahui berapa jumlah orang yang memiliki pekerjaan tertentu, mempunyai rentang penghasilan tertentu, dan masih banyak lagi. Asalkan sudah memahami konsep dasar, maka penerapan ke bidang lain akan lebih mudah.

Ketahui :

Itulah tadi pembahasan tentang rumus Excel pengelompokan umur dan jenis kelamin yang bisa langsung Anda praktikkan. Dengan memahaminya, maka aktivitas pengolahan data bisa menjadi lebih mudah dan efisien.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.