Bagaimana Cara Membuat Diagram Kartesius di Word?

2 min read

cara membuat diagram kartesius di word

Koordinat kartesius dapat digunakan untuk menyatakan posisi dari titik pada sebuah bidang dengan cara menggunakan pasangan bilangan, yang disebut dengan ordinat (koordinat y) dan absis (koordinat x) dari titik tersebut. Diagram tersebut bisa dibuat menggunakan Microsoft Word maupun Microsoft Power Point. Berikut cara membuat diagram kartesius di Word maupun PPT yang dapat anda lakukan.

cara membuat diagram kartesius di word

Cara Membuat Diagram Kartesius di Microsoft Word

  1. Menggunakan Grafik Data Excel

Apakah anda tahu bahwa membuat diagram kartesius di Word sebenarnya merupakan teknik untuk membuat grafis, dengan penyampaian data menggunakan MS Word pada komputer. Jadi di sini anda membuat grafik dengan mengandalkan data Excel yang ada. Sehingga cara membuat diagramnya tidak jauh berbeda dari pembuatan grafik di MS Word pada umumnya.

Cara ini memungkinkan anda untuk membuat diagram dengan cepat tanpa harus melakukannya secara manual. Cukup dengan buka spreadsheet di Excel, kemudian salin data sebagai sumber data di Word agar anda tidak perlu memasukkan data secara manual.

Pertama tama, buka menu Insert pada Microsoft Word, kemudian pilih Chart.

Klik opsi X Y (scatter) yang ada pada menu scroll down Chart tersebut. Anda bisa memilih model diagram kartesius sesuai dengan kebutuhan di sini. Nantinya cara membuat diagram kartesius di Word ini akan menampilkan halaman Excel. Cukup copy data yang dimiliki pada halaman Excel tersebut atau bisa juga dimasukkan secara manual, maka di Word akan muncul diagram kartesius.

cara membuat diagram kartesius di word

Baca Dulu: Cara Membuat Nota di Word

  1. Menggunakan Cara Manual

Jika sebelumnya cara mencari diagram kartesius bisa dilakukan otomatis, cukup dengan melakukan copy data di lembar Excel, maka kali ini akan menggunakan cara manual. Cara manualnya sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Pertama tama, buka lembar kerja Microsoft Word terlebih dahulu. Kemudian ikuti langkah berikut.

Pilih Layout pada menu bar, kemudian klik Align dan cari opsi Grid Settings. Berikutnya beri centang pada pilihan Display Gridlines on Screen, dan jangan lupa atur ukuran garis vertikal serta horizontalnya, misalnya 1 atau 2 inci dan klik OK. Selanjutnya buat sumbu X dan Y dengan cara membuat garis menggunakan Shapes pada menu Insert. Pilih double arrow dan anda bisa membuat garis sesuai dengan kebutuhan.

cara membuat diagram kartesius di word

judul gambar
  1. Menggunakan Tabel

Cara membuat diagram kartesius di Word bisa juga dengan membuat tabel terlebih dahulu. Cara ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari cara manual seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya. Hanya saja, kali ini anda menggunakan tabel sebagai garis bantu menggantikan gridlines pada Word.

Sehingga setelah membuat tabel, selanjutnya caranya bisa dilanjutkan seperti pada cara manual. Yakni dengan menambahkan garis koordinat X dan Y dengan cara membuatnya menggunakan double arrow pada menu Insert. Untuk letak titiknya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga:

Membuat Diagram Kartesius Menggunakan Power Point

  1. Menggunakan Grafik Data Excel

Cara membuat diagram kartesius di PPT secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan cara membuat diagram di Microsoft Word. Apabila anda menggunakan grafik data Excel, maka caranya bahkan sama persis. Yaitu dengan memilih menu Insert, kemudian pilih Chart dan cari opsi X Y (scatter) yang ada pada menu scroll down Chart tersebut.

Pilih bentuk diagram yang anda inginkan, dan isikan tabel di halaman Excel sesuai dengan kebutuhan. Pada halaman Excel tersebut, anda bisa langsung copy dari data yang dimiliki atau bisa juga dengan mengisinya secara manual. Ketika data pada tabel berubah, maka diagram yang ada di Power Point pun akan ikut berubah.

cara membuat diagram kartesius di power point

  1. Menggunakan Cara Manual

Untuk cara manual membuat diagram di Power Point, mungkin akan sedikit berbeda dari cara membuat diagram kartesius di Word. Pasalnya Power Point tidak memiliki menu Page Layout pada menu barnya, sehingga anda tidak bisa mendapatkan garis bantu untuk membuat sumbu X dan Y.

Agar bisa menampilkan garis bantu tersebut, maka anda bisa memanfaatkan Paint. Caranya yaitu masuk ke Paint, pilih menu View dan beri tanda centang pada Gridlines. Maka pada lembar kerja Paint akan muncul garis bantu. Zoom sampai maksimal, dan screenshot pada select area. Anda bisa menyimpanya dan masukkan pada lembar PPT dengan cara Insert Picture.

Baca dulu:

Tidak sulit bukan membuat diagram kartesius pada Microsoft Word maupun Microsoft Power Point. Cara ini bisa dimanfaatkan bagi anda yang ingin membuat soal matematika untuk pembelajaran siswa. Selain itu dengan mengetahui cara membuat diagram kartesius pada MS Word atau PPT, siswa pun tidak perlu repot repot menuliskannya di buku, sehingga diagram bisa dibuat lebih rapi.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.