Contoh Tabel Terbuka Seperti Apa? Bagaimana Cara Membuat di Ms Word?

1 min read

contoh tabel terbuka

Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom yang biasanya digunakan dalam sebuah penelitian dan analisis data. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa tabel terbagi dalam tabel terbuka dan tabel tertutup?

Contoh Tabel Terbuka

 

Tabel terbuka merupakan tabel yang bagian sisi kiri dan kanannya tidak bergaris sehingga disebut terbuka. Sedangkan, pada tabel tertutup merupakan tabel yang sisi kiri dan kanannya tertutup sehingga dapat dikatakan tabel tertutup. Tabel terbuka biasanya digunakan dalam penyusunan artikel ilmiah, skripsi, dan karya ilmiah lainnya.

Bagi beberapa orang, membuat tabel terbuka di Microsoft Word merupakan hal yang mudah, tetapi bagi sebagian orang lainnya tidak. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara membuat tabel terbuka beserta contoh tabel terbukanya. Yuk simak artikel ini hingga selesai ya!

Baca Juga : Rumus Rata-Rata Statistika

Tabel terbuka seperti apa?

Sebelum melihat bagaimana cara membuat tabel terbuka, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa itu tabel terbuka?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa tabel terbuka merupakan tabel yang pada sisi kanan dan sisi kirinya tidak terdapat garis sehingga terbuka, sedangkan pada bagian atas dan bawahnya masih terdapat garis.

Jenis tabel ini biasanya digunakan untuk artikel ilmiah, skripsi, makalah, dan karya ilmiah yang berhubungan dengan penelitian. Tentunya Anda sudah pernah beberapa kali melihat jenis tabel seperti ini.

Bagaimana cara membuat tabel di MS Word?

Cara Membuat Tabel di MS Word

Setelah mengetahui seperti apa itu tabel terbuka, lalu kita mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuat tabel terbuka tersebut di Microsoft Word? Apakah dapat mudah dilakukan bagi pemula?

judul gambar

Berikut merupakan cara membuat tabel terbuka di Microsoft Word.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word yang sudah terinstal
  2. Klik menu Insert pada toolbar
  3. Pilih Table serta tentukan baris dan kolom yang ingin dibuat
  4. Isi tabel dengan data yang diperoleh
  5. Pilih menu Table Tools
  6. Klik Layout dan klik Eraser
  7. Hapus batas kanan dan kiri menggunakan Eraser
  8. Hapus garis kanan dan kiri bagian keterangan atas menggunakan Border
  9. Pilih Left Border
  10. Lakukan kembali pada kolom lainnya
  11. Selesai

Nah, itu tadi langkah untuk membuat tabel terbuka. Sangat mudah bukan?

Anda dapat memberi warna pada tabel jika diperlukan. Setelah mengerjakan tabel maka dapat disimpan pekerjaan Anda tersebut. Akan tetapi, saat membuat tabel terbuka tersebut perhatikan kursor dari eraser tersebut dan jangan sampai terkena garis lainnya karena akan membuat bentuk tabel keliru.

Baca Juga : Contoh Soal Rumus Rata-Rata Statistika Data Kelompok

Penambahan baris jika sudah terlanjur dibentuk tabel terbuka

Selesai sudah membuat tabel terbuka, tetapi ternyata masih ada data tambahan yang perlu dimasukkan ke tabel. Bagaimanakah menambahkan data tersebut?

Nah, untuk menambahkan data tersebut maka Anda dapat mengklik Enter di baris terakhir. Hal ini tentunya akan memudahkan pengisian data untuk artikel ilmiah.

Akhir kata

Tabel terbuka merupakan tabel dimana sisi kanan dan kirinya terbuka yang biasanya digunakan untuk menyusun laporan, artikel ilmiah, skripsi, dan lainnya. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk membuatnya.

Tabel yang dibuat tidak seperti biasanya ini terlihat sulit untuk membuatnya. Namun, faktanya cara membuat tabel terbuka sangat mudah. Untuk caranya sendiri sudah dijelaskan di atas.

Ketahui :

Demikian artikel pembahasan mengenai tabel terbuka. Semoga dengan tutorial membuat tabel tersebut dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang menyusun skripsi. Terima kasih.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.