Panduan Belajar Rumus Excel Untuk Kerja di Administrasi Perkantoran

Belajar Excel untuk administrasi perkantoran tidak luput untuk mempelajari rumus Excel itu sendiri. Jika Anda baru mulai bekerja di kantor atau mau mendaftar sebagai admin di kantor, mungkin belajar beberapa rumus penting Excel di bawah ini bisa jadi solusi. Pasalnya rumus Excel dibawah ini sering dipakai dalam mengerjakan dan mengolah data Excel. Yuk cari tahu apa saja rumus Excel tersebut!


belajar excel untuk administrasi perkantoran

Sebagai pegawai administrasi kantor yang menangani berbagai dokumen dan berkas dari operasional bisnis, tentunya seorang karyawan wajib menguasai penggunaan Microsoft Office termasuk Excel. Dalam belajar Excel untuk administrasi perkantoran, terdapat sekitar 15 rumus dasar yang wajib diketahui untuk mengikuti tes admin kantor. Berikut simak selengkapnya.

15 Rumus Excel untuk Tes Admin Kantor

  1. SUM

Para pengguna Excel wajib hukumnya untuk memahami rumus dasar satu ini, yang mana SUM di sini berguna untuk penjumlahan. Dengan SUM, anda bisa menjumlahkan angka di cell cell Excel dengan cepat. Caranya bisa dengan pemisah (,) atau dengan pemisah (:), contoh rumus =SUM(C3:C11) untuk menjumlahkan cell C3 sampai C11.

15 rumus excel untuk tes admin kantor

 

  1. AVERAGE

Jika fungsi SUM berguna untuk penjumlahan, maka AVERAGE di sini digunakan untuk menghitung nilai rata rata dari kumpulan angka di dalam range. Contoh penggunaan rumusnya =AVERAGE(C2:C12).

  1. COUNT

Belajar Excel untuk administrasi perkantoran juga wajib memahami rumus dasar COUNT. Cara penggunaannya sama dengan SUM, hanya saja rumus ini berfungsi untuk menghitung jumlah angka di dalam range alih alih menjumlahkan.

  1. COUNTA

COUNTA hampir mirip dengan fungsi COUNT, hanya saja untuk COUNTA ini mampu menghitung karakter lain selain angka seperti huruf dan simbol di dalam baris, kolom, maupun range.

  1. IF

IF digunakan dalam fungsi logika, ketika data yang dimasukkan memiliki kondisi tertentu. Misalnya jika pembelian di atas nilai X akan mendapatkan diskon 50% dan jika tidak di atas nilai X maka tidak mendapat diskon. Contoh penggunaannya =IF(C2>100,50%,0).

  1. CONCATENATE

CONCATENATE menjadi salah satu fungsi belajar Excel untuk kerja yang juga penting dipahami. Fungsi ini gunanya adalah untuk menggabungkan karakter yang ada di dalam beberapa cell Excel menjadi satu cell. Contoh penggunaannya =CONCATENATE(C3,””,D3).

belajar excel untuk kerja

 

Baca Dulu: Format Gaji Karyawan Excel

  1. TRIM

Apabila ada kelebihan spasi di dalam suatu cell, seperti Lee  Donghae. Cukup gunakan fungsi =TRIM(C2), maka akan langsung berubah menjadi Lee Donghae.

  1. LEN

Belajar Excel untuk administrasi perkantoran satu ini berfungsi menghitung jumlah karakter pada satu cell, yang mana spasi juga akan turut dihitung.

  1. MIN, MAX

Fungsi MIN berguna untuk mencari nilai terkecil dalam suatu range dan MAX mencari nilai tertinggi, contoh =MIN(C2:C12) atau =MAX(C2:C12).

Baca Juga: Rumus Excel Menghitung Gaji Pokok Dengan IF

    10. VLOOKUP, HLOOKUP

Fungsi LOOKUP, baik itu VLOOKUP maupun HLOOKUP digunakan untuk mengotomasi pengolahan data dengan cara mengacu dari referensi tabel data baku. Hanya saja VLOOKUP dilakukan secara vertikal, sementara HLOOKUP dilakukan secara horizontal. Fungsi LOOKUP akan sangat membantu ketika mengerjakan dan menggabungkan dua data berbeda, yang memiliki dasar referensi sama.

Rumus VLOOKUP(lookup_value,lookup_array,[match_type]).

Contoh penggunaannya =VLOOKUP(“Donghae”,A2:C12,3,0).

Rumus ini misalnya digunakan ketika hendak mencari tahu jumlah anak dari karyawan tertentu atau mencari tahu kapan ulang tahunnya.

Baca Dulu: Cara Mengolah Data Kuisioner Manual

  1. RIGHT, MID, LEFT

Memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, RIGHT digunakan untuk memisahkan karakter di dalam satu cell dengan awal yang dimulai dari karakter paling kanan. Sementara MID dimulai dengan karakter di tengah dan LEFT dimulai dari karakter yang paling kiri. Belajar Excel untuk administrasi perkantoran PDF bisa diunduh untuk mendalami fungsi fungsi ini.

Contoh rumus =RIGHT(C4,3), =LEFT(C4,3), dan =MID(C4,5,3).

Terlihat membingungkan ?

Sebaiknya anda mencobanya secara langsung di lembar kerja Excel untuk memahaminya lebih lanjut. Karena jika dipraktikkan secara langsung, maka berbagai fungsi ini akan terlihat sederhana dan mudah digunakan.

Artikel Terkait:

Itulah berbagai rumus dasar Excel yang penting untuk dipelajari dan dipahami oleh bagian admin atau yang bertugas mengelola administrasi perkantoran. Sebab pada praktiknya, penggunaan berbagai rumus Excel ini akan sangat membantu di dalam pekerjaan. Tidak perlu menulis atau mencari secara manual, karena rumus Excel bisa anda manfaatkan untuk pengerjaan otomatis.

Leave a Reply